Sabtu, 15 Juni 2013

intel Haswell vs amd Richland

Ini adalah waktu sibuk tahun dalam dunia prosesor, dengan kelas berat Intel dan AMD mengkuadratkan sampai satu sama lain dengan Prosesor andalan mereka. Chip Haswell Intel meningkatkan standar kinerja, tetapi Richland lebih murah dan lebih cerdas alternatif? 
Sebelum kita menggali ke hasil, inilah sedikit latar belakang. Prosesor Haswell mengganti chip Ivy Bridge tahun lalu, dan mereka muncul dalam sejumlah besar perangkat, dari PC high-end dan workstation untuk Ultrabooks dan tablet Windows 8.
Richland berbagai counter AMD ini. Rentang baru Accelerated Processing Unit, atau APUS - desain menempatkan prosesor dan inti grafis penuh lemak ke salah satu chip. Richland tidak bisa menyamai kinerja Haswell high-end, tapi mereka efisien, terjangkau chip yang akan menemukan jalan mereka ke sejumlah komputer desktop, laptop dan table

 Haswell merupakan perubahan arsitektur besar
bagian yang dibuat menggunakan proses manufaktur 22nm yang sama dengan Ivy Bridge dan kisaran tetap didominasi oleh bagian quad-core

Intel berkonsentrasi pada dua bidang besar - hemat daya dan grafis. Perusahaan telah membuat klaim besar tentang efisiensi chip baru, mengatakan bahwa Haswell bagian menarik listrik 50 persen lebih rendah dibandingkan setara Ivy Bridge mereka ketika menangani beban kerja yang intensif.
 
 
 Kinerja grafis Haswell telah didorong oleh dirubah terintegrasi chipset grafis. Yang paling umum adalah HD Graphics 4600 inti, yang meliputi 20 eksekusi ditingkatkan. Hal ini membuat lebih cepat dari 16 eksekusi termasuk dalam Graphics 4000 HD Chip tahun lalu. Produsen chip ini juga telah memperkenalkan sebuah merek grafis baru: Iris. Ada dua bagian baru, dijuluki Iris Pro 5100 dan 5200, dan mereka lebih kuat daripada HD Graphics core Intel, mantan chip yang memiliki 40 unit eksekusi, dan yang terakhir menambah 128MB dedicated RAM - perbaikan pada memori bersama yang ditemukan di semua chip Intel lainnya yang terintegrasi.
Kinerja aplikasi telah diberikan benjolan juga dengan Intel mengklaim Haswell adalah 10 persen lebih cepat dari Ivy Bridge. Di tempat lain, DDR3 masih memori pilihan, dan Thunderbolt kini native didukung.
 
Upgrade ini tidak semudah membeli prosesor baru - Haswell debut bersama baru LGA 1150 socket, sehingga Anda akan membutuhkan motherboard baru Chipset 8-series Intel menambah fleksibilitas: enam USB 3 port dan enam port SATA 3.0 kini didukung oleh Z87, Intel vPro dan dan Rapid Storage Technology keduanya telah membaik.
Haswell datang dengan harga yang tidak bersahabat  Core i7-4770K di bandrol kisaran harga 275 usd


 AMD Richland arsitektur
AMD tidak bisa cocok Intel dalam hal kekuatan pemrosesan mentah. Tapi APUS yang dirancang dengan cara yang berbeda dan diskrit Radeon core grafis di Richland memberikan chip ini keuntungan lebih dari core grafis Haswell ini. Ditambah bagian AMD jauh lebih murah daripada top-end bagian Intel.
Richland merupakan evolusi. Prosesor ini memakan 58 persen dari chip 32nm mati, dibangun menggunakan "Peningkatan" versi tahun lalu Piledriver inti, tetapi sedikit telah berubah. Kecepatan clock yang sedikit lebih cepat, kecepatan Turbo lebih ambisius, cache L2 disatukan dan memori DDR3 2.333 MHz kini didukung oleh APUS high-end.
Yang lain 42 persen dari Richland yang mati diambil oleh Radeon HD 8000-series grafis. Jangan tertipu dengan berpikir bahwa ini adalah merek GPU baru. Mereka tidak memanfaatkan arsitektur Core Graphics Berikutnya yang berjaya pada tahun 2012 HD 7000 dan kartu berbasis Pitcairn. Komponen grafis Richland ini sebenarnya didasarkan pada 2011 Radeon HD 6000, dan memberikan kecepatan di atas core serupa yang ditemukan dalam chip trinity

Richland masih menggunakan soket FM2, motherboard fm2 masih bisa di gunakan A55, A75 dan A85X semua tetap kompatibel dengan APUS baru. Richland juga termasuk chip mobile, tetapi ini tidak didasarkan pada core Piledriver Ditingkatkan ditemukan di bagian dekstop dari Trinity arsitektur tahun lalu, dengan chip yang sama berjalan pada kecepatan yang lebih cepat, dan dengan konsumsi daya yang lebih baik.
Rentang Richland
AMD telah merilis lima chip Richland, dengan empat quad-core dan satu bagian dual-core yang digunakan untuk membentuk rentang baru. Atas adalah A10-6800K, yang merupakan bagian quad-core yang berjalan pada 4.1GHz dengan clock 4.4GHz Turbo. Ini memiliki Radeon HD 8670D grafis, yang memiliki 384 stream processor clock 844MHz. Selanjutnya adalah A10-6700, yang sedikit lebih lambat dan tidak datang dengan multiplier unlocked, sehingga tidak cocok untuk overclocking.
Berjalan A8-6600K di 3.8GHz, 4.2GHz untuk meningkatkan,termasuk Radeon HD 8570D
 A6-6400K adalah satu-satunya overclock chip yang Richland dual-core tetapi, berkat kecepatan 3.9GHz itu adalah satu-satunya Richland yang tidak berjalan lebih dari 4 GHz


Richland tidak hanya mengalahkan Haswell di grafis - chip AMD lebih murah A10 6800 dibandrol kisaran 116 usd, setengah harga dari core i5 haswell 


secara grafis dari tabel diatas intel core i7 haswell memang menang,tapi peningkatan itu tidak signifikan disamping harga dua kali lipat lebih dari prosesor tertinggi milik amd A10-6800,dana masih bisa di buat untuk membeli vga add on dan bisa dilakukan hibrid vga di amd
konsumsi daya saat full load amd =108 watt
                                         intel =185 watt


satu pertanyaan penting: jika Anda saat ini menggunakan Ivy Bridge atau Trinity berbasis PC di kantor Anda, apakah itu layak upgrade?

Dalam sebagian besar kasus tidak. Chip sendiri tidak murah, dan penambahan soket prosesor baru berarti Anda akan harus membayar untuk motherboard baru, juga. Sebaliknya, menunggu satu tahun lagi: generasi berikutnya Intel, Broadwell, akan membuat pindah ke 14nm, dan harus menawarkan keuntungan kinerja yang signifikan selama Ivy Bridge.
 
 Situasi ini sedikit berbeda ketika datang ke AMD. Jika Anda punya prosesor Trinity maka keuntungan kinerja tidak lompatan besar, tapi jalur upgrade relatif sederhana: Anda tidak membutuhkan motherboard baru, sehingga APU baru bisa hanya slot ke PC yang ada.
 






 

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar